Selasa, September 07, 2010

Yahoo Koprol

How to: Add New Place on Koprol & Avoid Reject From Kurator


Magnify Sudah 2 bulan semenjak fitur Kurator ada di Yahoo!Koprol diluncurkan pada tanggal 31 Juli 2010, dan terbukti memang, fitur ini sangat membantu Yahoo!Koprol dalam memperbanyak lokasi check in-nya. Jumlah lokasi untuk check in saat ini semakin beragam dan tak terbatas di kota-kota besar saja. Banyak daerah yang sudah/dapat ditambahkan oleh user Yahoo!Koprol melalui fitur ini tanpa harus menunggu verifikasi seperti saat masih Koprol Beta.

Permasalahan muncul ketika para Kurator dihadapkan dengan suggest place baru yang luar biasa ngawur-nya. Banyak dari user baru yang mengabaikan aturan pencantuman informasi yang baik dan benar sehingga suggest place tersebut berakhir di tombol merah para kurator. Sepertinya banyak user yang beranggapan Adding New Place di Yahoo!Koprol sama dengan Adding New Venue di Foursquare, sehingga ada sangat banyak suggest place yang di reject oleh para Kurator.

Untuk itu, Yahoo!Koprol menerapkan aturan yang cukup ‘mengamankan’ dimana seorang user baru tidak dapat serta merta menambahkan lokasi baru ke dalam data base Yahoo!Koprol. Seorang User baru harus aktif menggunakan Koprol untuk selang waktu tertentu dan beraktifitas secara rutin di Koprol. Hingga rentang waktu yang ditentukan tersebut datang, seorang user baru belum bisa menambahkan lokasi baru.

Disini saya ingin memberikan tips dan trik untuk menghindari reject atau si tombol merah dari para Kurator. Tips dan trik ini saya berikan berdasarkan pengalaman 2 bulan saya menjadi Kurator (pede). Dengan seringnya saya me-reject lokasi baru yang akan di tambahkan ke Yahoo!Koprol, saya merasa, ada pemahaman yang salah yang harus diperbaiki. Berikut ini beberapa tips dan trik yang saya sampaikan secara step by step berdasarkan proses Adding New Places di Yahoo!Koprol.

1. Search Place

Mencari lokasi sebelum menambahkan lokasi baru adalah suatu keharusan untuk menghindari tombol merah akibat para Kurator menganggap lokasi tersebut sudah merupakan duplikat. Pertama-tama, di kolom Search Place, masukan lokasi yang ingin kita pastikan keberadaannya. Seperti contoh gambar di samping ketika saya memasukan kata Depok, akan muncul pilihan similar location yang mengandung kata yang sama.

search place Jika lokasi yang ada inginkan muncul dalam tahap pencarian ini, hentikan upaya anda untuk menambahkan tempat tersebut dalam data base. Hal itu hanya akan berakhir dengan suggest place anda di tolak mentah-mentah oleh para Kurator.

Kemudian, jika lokasi yang ada cari ternyata tidak muncul dalam kolom pencarian, maka anda dapat meneruskan dengan menekan tombol Search yang akan membawa anda (jika lokasi tidak ada) ke halaman seperti dibawah gambar dibawah ini.

Not Found Hal ini menunjukan bahwa lokasi yang anda maksudkan tidak ada didalam data base Yahoo!Koprol. Dan anda bisa dengan leluasa tanpa merasa terpaksa untuk menekan tombol Add New Place-nya.

Jangan malas! Itulah kuncinya agar anda dapat check in dengan leluasa di tempat manapun yang anda inginkan. Lakukanlah selalu tahap pencarian sebelum anda memutuskan untuk menambahkan lokasi di Yahoo!Koprol. Jika anda selalu melakukan hal tersebut, mungkin suatu saat anda akan berkesempatan menjadi Kurator juga.

2. Adding Location Information

Yes! Informasi mengenai lokasi adalah segalanya dalam rangka menambahkan lokasi baru yang anda inginkan ke dalam data base Yahoo!Koprol. Apapun yang anda cantumkan dalam proses ini menentukan apakah lokasi anda diterima oleh para Kurator, atau akan berakhir dengan program pencet tombol merah.

Add New PlaceSaya akan coba menjelaskan secara mendetail bagaimana mengisi tiap kolom dengan baik untuk menghindari reject dari para kurator.

Name of New Place, apalah arti sebuah nama. Begitulah ungkapan lama. Tapi di Yahoo!Koprol, nama sangatlah berarti. Nama dari lokasi yang ingin kita tambahkan sangat berpengaruh pada kemungkinan diterima atau tidaknya lokasi tersebut. Selalu gunakan EYD dan cara penulisan yang benar dalam penulisan nama. Hindari penulisan menggunakan Caps Lock karena sudah hampir pasti akan di reject oleh Kurator. Untuk lokasi yang berada di dalam lokasi lain, Contoh: Starbucks Coffee Margo City atau Sushi Tei PIM2, selalu tambahkan parent location di belakang nama lokasi yang ingin kita suggest untuk membedakan lokasi dengan nama yang sama di lokasi yang lain. (Nah lho, bingung ngga tuh).

Type, yakinlah selalu memilih tipe lokasi yang sesuai dengan nama tempat yang akan kita tambahkan. Contohnya, jika kita ingin menambahkan ‘Mie Bu Broto’ pilih tipe yang sesuai yaitu Food. Atau seperti contoh di gambar diatas, Depok Mulya 1 tipenya adalah Residance. Hal ini menentukan tahapan selanjutnya.

Category, jika type bersifat umum, maka category sifatnya lebih khusus dan spesifik. Type Food > Category Japanese, menandakan bahwa lokasi tersebut adalah tempat makan (type) bernuansa jepang (category). Banyak dari user yang selalu seadanya dalam mengisi baik type maupun category. Hal ini bisa menjadi batu sandungan, karena hal ini membuat Kurator tidak yakin dengan keabsahan tempat yang ingin ditambahkan tersebut.

Address, apa rasanya jika pacar anda mengirim surat ke rumah selingkuhan anda hanya karena anda salah menginformasikan alamat tinggal anda? Itulah pentingnya mencantumkan alamat lokasi dengan baik dan jelas. Terutama bagi anda-anda yang sering suggest place secara mobile. Alamat akan membantu kurator untuk menentukan titik lokasi tersebut di Google map nantinya.

City, seperti artinya, menandakan kota dimana lokasi anda berada. Tidak terlalu sulit, karena biasanya user tak mau salah untuk hal yang satu ini. Lokasi yang mereka suggest biasanya lokasi yang berada di kota mereka sendiri.

Country, thanks to Yahoo! Geo Technologies, sekarang anda tak perlu bersusah payah memohon-mohon atau membujuk team developer Yahoo!Koprol untuk mencantumkan negara yang anda tuju dalam data base mereka (dendam pengalaman pribadi).

Phone 1 & Phone 2, kesalahan mencantumkan nomor hape adalah hal yang minor di mata para kurator. Namun ada baiknya, jika memang ada, anda mencantumkan nomor telepon dari lokasi yang anda ingin tambahkan dengan benar dan sebaik mungkin. Mungkin suatu saat, nomor yang anda cantumkan berguna untuk orang lain, siapa tahu?

Email, kesalahan terbesar dari kebanyakn user yang suggest lokasinya di reject oleh para kurator adalah karena mereka mencantumkan email pribadi. Ya, email pribadi, dan itu adalah KESALAHAN BESAR! Jangan pernah menggunakan alamat email pribadi untuk public place, jika ada tak tahu alamat emailnya, leave it blank. Mungkin memang tidak ada, atau para Kurator bisa bantu mengisinya nanti.

Web, hal yang pantang untuk dicantumkan dalam kolom web ini adalah: hasil search google, URL link dari social media lain, dan web/blog pribadi. Jika dilanggar, sudah hampir pasti lokasi yang kalian ajukan masukk daftar reject. Namun masih mungkin diterima jika data yang lainnya diimput dengan baik dan benar.

Jika seluruh informasi mengenai lokasi sudah dicantumkan dalam tiap kolom, anda bisa langsung ke tahapan selanjutnya dengan menekan tombol Next. Kemudian akan muncul halaman yang fungsinya untuk memastikan kota dimana lokasi anda akan berada. Jika sudah benar, silahkan lanjutkan dengan memilih Select.

Bingung Pilih Parent AreaJika anda mengalami masalah seperti disamping ini, jangan panik. Silahkan pilih kota manapun yang walaupun keduanya sama. Masalah ini timbul biasanya karena lokasi kota tersebut belum di shrink oleh Team Developer Yahoo!Koprol.

3. Assign Lat Long for Google Map

Map adalah salah satu hal utama yang bisa membuat para kurator main reject seenaknya jika tidak di tempatkan dengan tepat. Jika para Kurator sedang malas memeriksa (atau tipikal Kurator yang ngga suka meriksa) akan dengan sesegera mungkin menekan tombol merah saat melihat pointer di map tidak sesuai dengan lokasi yang dimaksud di informasi lokasi.

Select MapSeperti yang saya sampaikan sebelumnya, alamat dapat membantu para kurator untuk menentukan lokasi pointer di dalam map. Jika dicantumkan dengan lengkap, para kurator dapat membantu para user yang sudah suggest place untuk menggeser pointer ke lokasi yang tepat.

Jika dirasa lokasi yang anda tuju sudah tepat sasaran, cukup tekan tombol submit, agar dapat segera masuk dalam daftar kerja para kurator. Selebihnya, anda cukup menunggu para kurator bekerja untuk menilai, apakah lokasi yang anda ajukan benar, atau tidak. Just cross your fingers!!

Menunggu Para Kurator Bekerja

Selesai! Yup, proses add new place anda telah selesai sampai disini. Tak ada yang bisa anda lakukan selain mengumumkan lokasi baru yang anda suggest. Mungkin ada kurator yang membaca postingan anda dan segera menilai lokasi baru tersebut.

Terlepas dari proses tersebut diatas, ada beberapa tips bagi anda ketika hendak menambahkan lokasi baru:

Hindari pencantuman nama diri kecuali anda seorang pahlawan yang namanya digunakan dimana-mana.

Hindari pencantuman nomor handphone anda, karena bisa jadi ada maniak yang akan membahayakan hidup anda.

Hindari default map pointer jika anda tidak yakin dengan alamat yang anda cantumkan, hanya akan berakhir di tombol merah.

Hindari memanggil user lain ketika anda announcing lokasi baru anda.

Sekian Tutorial adding new places termasuk cara menghindari hinaan dan cacian dari para kurator. Semoga bermanfaat bagi kita semua, termasuk diri penulis sendiri. Tidak ada hewan yang dilukai dalam penulisan tutorial ini. Terima kasih sudah membaca tulisan ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites