Kamis, Februari 18, 2010

tutorial Plurk

Apa sih Plurk itu
mungkin anda bertanya-tanya apa sih enaknya Plurk? ya plurk itu cuma sebuah time line kita sehari-hari atau seperti kata teman saya Rama

"Plurk itu cuma saut-sautan gitu.


kalau di Ym setiap mengganti status tidak ada pemberitahuan ke contact list kita, maka di plurk setiap anda mem-plurk (biasanya menceritakan anda lagi dimana, dengan siapa, dan sedang berbuat apa
-sound familiar heh???-) semua teman anda diberi tahu dan mereka bisa mengomentari.
karena itu nikmatnya ber-plurk baru terasa jika anda sudah mempunyai banyak teman. tapi pada kasus saya dua orang teman saja (
Erma dan Fitri) telah membuat Plurk saya gegap gempita. kenapa..karena komentar-komentar mereka yang ramai. kadang kala plurk awal dengan komentar-komentar selanjutnya sama sekali tidak berhubungan.

mulai tertarik untuk ber-plurk-ing atau mengaktifkan kembali account plurk anda?

Mendaftar di Plurk
dengan mendaftarkan user name, first name, last name, dan email saja maka anda sudah terdaftar di Plurk. selanjutnya anda akan mendapatkan tutorial singkat dan beberapa Plurker yang anda ikuti timelinenya (people i follow)

Mengubah Profile
pada bagian atas timeline anda anda tombol My Profile klik tulisan edit disebelahnya. silahkan diotak-atik ya...trial dan error. anda juga bisa menampilkan plurk pada Blogger(My Space). caranya dengan mengcopy paste kode yang diberikan ke HTML/Java script di web anda. Tampilan Plurknya juga bisa disesuaikan dengan tema web anda.

Menambah teman
pada bagian bawah timeline terdapat kolom search. disini anda bisa memasukkan keyword yang diinginkan. apakah anda mencari pluker yang tinggal sekota dengan anda? bernama Asep? berkarma 69.69? dsbnya. setelah mendapatkan pluker yang anda minati maka anda dapat berkunjung ke plurk mereka. disebelah foto pluker tersebut anda akan mendapatkan tombol "add **** as a friend". silahkan....
sedangkan jika anda memilih "follow **** plurk" maka anda mendaftarkan diri sebagai fansnya.

Bedanya Teman dengan Fans
jika teman maka hubungan anda dua arah... artinya..dia akan mendapat plurk anda anda juga mendapatkan plurk dia. Fans hubungannya searah..anda(si fans) akan mendapat plurk dia tapi dia tidak mendapat plurk anda.

Jika salah seorang teman anda tidak menyenangkan
seperti lazimnya jejaring sosial..setiap kita memutuskan pertemanan, maka niscaya mantan teman kita tidak mendapatkan pemberitahuan. jadi santai saja...hehe..anda bisa "remove **** as a friend" atau "dont follow **** plurk". jika memilih dont follow maka si **** tetap menjadi teman anda namun timelinenya tidak muncul di timeline anda.

Apakah timeline teman saya akan tampil saat seseorang membuka timeline saya
tidak, saat anda mengklik
http://www.plurk.com/guramebakar anda hanya akan melihat timeline saya (ples komentar-komentar erma dan fitri) tapi anda tidak bisa melihat timeline erma.

Jika sebuah Plurk tidak menarik
tapi yang berkomentar banyak sehingga anda mendapat notice terus menerus, anda dapat me-mute plurk tersebut. tombol mute ini terletak dibawah Plurk tsb. dengan me-mute sebuah plurk anda tetap mendapatkan timeline pluker tsb.

Mengirim Private Plurk
jika anda ingin berbincang secara pribadi kepada beberapa teman, anda dapat mengirim private plurk. dengan ini plurk tsb hanya bisa dibaca oleh teman-teman yang anda undang. yang tidak..dia akan mendapatkan gambar gembok saja.
caranya:
lihat plurk salah satu teman anda itu, arahkan mouse pada namanya, maka akan muncul tanda panah kebawah. klik si panah nanti muncul "send private plurk"
maka di bawah kolom plurk akan muncul "who can see this plurk" pilihlah ONLY. untuk menambah daftar teman yang bisa membaca plurk tersebut anda cukup mengetik namanya.

Membuat link pada plurk
untuk menunjukkan timeline orang lain anda cukup menuliskan @guramebakar maka yang muncul adalah
guramebakar seperti ini
untuk link lain cukup coppy link location lalu paste. misalnya anda menulis seperti ini

"wah makan gurame bakar htpp://www.restoranenak.com (disini) enak...."


yang muncul adalah

"wah makan gurame bakar disini enak...."


dimana linknya akan membawa anda ke webnya si restoran enak.

KARMA....KARMA
apa sih fungsinya karma? dengan karma anda akan mendapatkan fasilitas lebih seperti

  • karma diatas 10 anda bisa memberi judul untuk timeline
  • karma di atas 25, 50, dan 81 penggunaan ikon-ikon tertentu
  • mengubah nama
  • mengubah theme Plurk

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites