Senin, Maret 14, 2011

Program latihan fisik untuk meningkatkan Kelincahan, Kecepatan, dan kekuatan otot !

Untuk menambah kelincahan, kecepatan, dan kekuatan otot agar bisa seperti atlit nasional sebenarnya tidak perlu mengeluarkan biaya banyak . Ada beberapa pola yang bisa kita lakukan secara rutin dengan mudah untuk mewujudkan hal tersebut.

1.Pola makan



Pola makan menentukan kebugaran. Jam makan harus tepat. Makan malam tidak boleh lebih dari jam 7 malam, karena akan menjadi lemak. Kita boleh makan hingga 5 kali dalam sehari, toh semua kalori terbakar dengan menjalani olahraga teratur. Jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin c, karena vitamin ini tidak diproduksi oleh tubuh.

2.Kelincahan




Latihan ini sebaiknya dilakukan secara teratur. Waktunya 6 kali dalam seminggu. Program latihannya dengan melakukan skipping dengan variasi gaya lompatan, standarnya seratus kali tanpa putus lalu istirahat sebentar, lalu lanjutkan lagi.

3.Kecepatan




Gerak dilatih dengan sprint 100 meter, jangan lupa dihitung time nya. Usahakan ada peningkatan waktu tempuh. Bila hari ini mampu 17 detik, hari berikutnya harus mampu 16 detik, dan seterusnya. Latihan ini akan menunjang speed kamu dalam menggerakkan kaki dan reflek kamu.

4.Daya tahan otot




Tujuan utama dalam berlatih adalah melatih daya tahan otot, bukan membesarkan otot. Bagi orang dibawah 17 tahun dilakukan dengan push up, standarnya adalah 25 kali. Lalu istirahat 1 menit, kemudian dilanjutkan 25 kali lagi dan seterusnya. Intinya bukan berapa banyak push up yang kita hasilkan dalam satu hari, tetapi seberapa lama kita istirahat saat melakukan push up yang pertama ke push up yang kedua, ketiga, dst. Percuma kita push up sampai 1000 kali, tapi metodenya dicicil pagi siang, malam. Lebih baik Cuma seratus kali tapi dilakukan dengan 4 kali istirahat dalam waktu 1 menit.


Notes :
* Latihan ini sebenarnya diperuntukkan untuk atlit Taekwondo, namun terbukti efektif untuk beberapa olahraga lain yang mengandalkan otot kaki dan otot tangan (Ex : Sepakbola, Futsal, Badminton, Lomba Lari, dll... ) TS sendiri menggunakan pola latihan ini untuk bermain sepakbola dan futsal, dan terbukti gerakan TS semakin lincah, lari TS semakin cepat, kontrol TS semakin baik, tidak cepat capek, dan tendangan TS semakin kenceng.
** Untuk orang yang udah 17+ dapat dilakukan secara bertahap untuk melatih daya tahan otot.

*** Setelah latihan jangan minum air es, minum saja air hangat yang dibawa dari rumah.Tujuanya untuk mengurangi cedera saat melakukan olahraga yang mengandalkan kekuatan otot.
**** Latihan fisik pada pola ini tidak akan memperbesar otot ceriwiser seperti Ade Ray secara signifikan, tetapi akan membuat otot ceriwiser semakin berisi dan cukup terlihat atletis. Khusus untuk bagian Push Up, jika ceriwiser mampu melakukanya sebanyak 500 - 1000 kali dengan pola istirahat 1 menit tiap 25 kali, dijamin akan membuat perut ceriwiser keram seaat dan berakhir pada pembentukan otot perut yang Six Pack abis...
***** Jika ceriwiser mengalami keletihan yang ruar biasa pada awal memulai pola latihan seperti ini itu adalah hal biasa. karena disebabkan tubuh ceriwiser yang belum siap menerima rasa lelah. Lakukan secara rutin tiap hari atau minimal 3 kali seminggu pada awal - awal memulai latihan agar tubuh bisa terbiasa.
****** Kurangi merokok, minum-minuman keras, atau dugem. Karena itu hal yang tak berguna
******* Lakungan pemanasan dan pendinginan terlebih dahulu secara benar agar badan tidak terasa sakit setelah melakukan latihan dengan pola diatas. Untuk pemanasan lakukan dari kepala, badan, lalu kaki. Untuk pendinginan lakukan dari kaki, badan, lalu kepala. Pola ini harus diperhatikan agar badan tidak sakit setelah latihan.


oke, sekian penjelasan dan pengalaman dari TS yang bisa TS berikan saat ini.

salam sehat, salam bola, dan salam Indonesia Bebas Penyakit 2012 untuk para ceriwiser

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites